Senin, 16 Juni 2014

PROMOSI DAN KEMASAN DALAM BISNIS



A.      Promotion Mix
Seperangkat informasi yang memberikan daya tarik dan transaksi antara konsumen dan pelanggan yang melakukannya.

1.       Tujuan Promotion
-          Menyebarkan informasi merk dan product kepada target pasar potensial
-          Untuk menaikkan tingkat penjualan
-          Mendapat pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan lain
-          Untuk menjaga kestabilan penjual
-          Untuk membedakan keunggulan product dengan pesaing
-          Untuk membentuk citra product dan cita merk

2.       Macam-macam promotion mix
-          Advertising
Semua penyajian non operasional, promosi, atau product yang dilakukan secara sponsor
-          Sales Promotion
Barang yang sudah diproduksi harus habis
-          Public Relation / Publicity
Dalam hal membentuk citra merk dan brand
-          Personal Selling
Kegiatan interaksi langsung dengan calon pembeli perorangan atau kelompok dengan melakukan presentasi dan interaksi tanggung jawab contoh : SPG
-          Direct Marketing / Pelaku
Informasi dengan menggunakan surat, email, telepon, kepada pelanggan tertentu atau calon pelanggan tertentu

B.      Langkah-langkah Menuju Bauran Promosi /Promotion Mix
1.       Menentukan target pasar
2.       Menentukan sasaran yang tepat : baik tempatnya
3.       Merancang pasar yang benar
4.       Memilih saluran promosi
5.       Menentukan anggaran
6.       Memilih salah satu / beberapa saat ini
7.       Mengukur

Salah satu promosi yang dilakukan tapi tidak termasuk dalam bauran promosi adalah membuat event.

C.      Kemasan
Wadah yang diproduksi untuk mengamankan barang dan membedakan dengan barang lainnya.

Faktor-faktor yang dilakukan dalam mendesign kemasan
1.       Pengamanan
Kemampuan melindungi product terhadap berbagai kemungkinan yang dapat menimbulkan kerusakan barang
Misal : cuaca, matahari, kejatuhan, kuman, serangga, dll
2.       Ekonomi
Suatu kemasan akan bernila ekonomi apabila dikemas sedemikian rupa yang mampu meningkatkan citra product
3.       Pendistribuan
Kemasan harus mudah terdistribusikan dari produser atau pabrik sampai ketangan konsumen dan ditangan konsumen pu suatu barang mudah dipindah-pindahkan karena kemasan
4.       Komunikasi
Kemasan sebagai media komunikasi yang menerangkan dan mencerminkan suatu product serta mengkomunikasikan citra merk
5.       Design
Memudahkan dalam hal mobilisasi
6.       Estika
Harus memiliki suatu nilai keindahan yang merupakan daya tarik visual yang mencakup pertimbangan penggunaan warna, bentuk, bahan, ilustrasi, font, atau layout serta mudah diingat
7.       Identitas
Secara keseluruhan kemasan yang harus mampu menjadi pembeda sehingga mudah dikenali diantara banyak product yang serupa
8.       Promosi
Untuk menaikkan tingkat penjualan
9.       Lingkungan
Mampu memperhatikan dampak lingkungan dari bahan yang digunakan

Kemasan ada 2 :
                                I.            Kemasan berwujud           : yang melalaikan mata
                              II.            Kemasan tidak berwujud : seperti tempat / lokasi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar